Batik Khas Kebumen

Kamis, 26 Desember 2013

Siapa Bilang Jogja aja yang punya batik khas, Kebumen juga ada looo....simak dulu yuh yang di bawah iniii!!!!

Sejarah Batik Kebumen

Pembatikan di Kebumen dikenal sekitar awal abad ke-XIX yang dibawa oleh pendatang-pendatang dari Yogya dalam rangka dakwah Islam antara lain yang dikenal ialah: PenghuluNusjaf. Beliau inilah yang mengembangkan batik di Kebumen dan tempat pertama menetap ialah sebelah Timur Kali Lukolo sekarang dan juga ada peninggalan masjid atas usaha beliau. Proses batik pertama di Kebumen dinamakan teng-abang atau blambangan dan selanjutnya proses terakhir dikerjakan di Banyumas/Solo. Sekitar awal abad ke-XX untuk membuat polanya dipergunakan kunir yang capnya terbuat dari kayu. Motif-motif Kebumen ialah: pohon-pohon, burung-burungan. Bahan-bahan lainnya yang dipergunakan ialah pohon pace, kemudu dan nila tom.

 
Pemakaian obat-obat import di Kebumen dikenal sekitar tahun 1920 yang diperkenalkan oleh pegawai Bank Rakyat Indonesia yang akhimya meninggalkan bahan-bahan bikinan sendiri, karena menghemat waktu. Pemakaian cap dari tembaga dikenal sekitar tahun 1930 yang dibawa oleh Purnomo dari Yogyakarta. Daerah pembatikan di Kebumen ialah didesa: Watugarut, Tanurekso yang banyak dan ada beberapa desa lainnya.

Batik Kebumen memang sangat unik dan menarik perhatian banyak pecinta Batik Tanah Air, bahkan tidak sedikit mereka yang berasal dari luar jawa seperti Bali dan Sumatra, bahkan beberapa pengrajin Batik Tulis Kebumen mengatakan jika pelanggan mereka sudah sampai ke Belanda.

Kekhasan batik dari Kota Kebumen

Di salah satu desa yang cukup terkenal sebagai penghasil batik di daerah Kebumen yaitu Desa Pejagoan. Bagi masyarakat tersebut membuat batik atau menorehkan canting di atas kain bukanlah hal yang sulit, karena keahlian ini di wariskan secara turun-temurun oleh para leluhur mereka.
Batik dari Kota Kebumen mempunyai ciri khusus pada motifnya, warna motif batik Kebumen biasanya berbeda dengan batik daerah lain. Batik Kebumen memiliki motif-motif yang khas seperti motif jagatan, motif pring-pringan, motif glebagan, kupat-kupatan dan lain sebagainya. Salah satu motif batik khas Kebumen yaitu motif Glabagan klasik, motif ini juga banyak digemari oleh para pecinta batik Nusantara maupun Mancanegara.

0 komentar:

Posting Komentar